Rukun Iman


Secara umum Iman adalah keyakinan/percaya penuh terhadap sesuatu hal yang menjadi tolak ukur dalam melaksanakan segala hal’ namun iman dalam ajaran islam ialah mempercayai serta meyakinkan apa yang telah ditetapkan sang Khaliq yang diwahyukan kepada rasulnya Iman sebagai pegangan/dasar dalam melakukan suatu perintah sang khaliq yang ditetapkan dan termaktub dalam Alkitab. Dan iman menjadi persaratan melakukan suatu ibadah yang diterima di hadirat Allah swt.Sehingga iman terbagi menjadi Enam rukun sebagai berikut :

1. Iman kepada adanya Allah swt , sebagai bukti/dalil adanya Allah yaitu adanya bumi dan langit beserta isinya, sehingga mustahil Allah tidak ada.
2. Iman kepada adanya Malaikat yang diciptakan dari cahaya serta berbagai tugas yang telah diberikan Allah swt, diantaranya malaikat rokb dan atid yang mencatat amal manusia yang baik dan yang buruk, perbuatan manusia tak akan lolos dari catatan malaikat rokib dan atid karma malaikat ini selalu mengikuti /mendampingi setiap manusia untuk mencatat dan dilaporkan pada hari perhitungan amal nanti ,
3. Iman kepada Kitab –kitab Allah yang mengatur tata cara kehidupan ummat manusia di dunia ini
4. Iman kepada Para Rasul yang menerima kitab sebagai amanat / wahyu untuk disampaikan kepada ummatnya untuk menjalankan ibadah sesuai ketetapan Allah yang tercantum didalamnya.
5. Iman kepada hari Qiamat / hari akhirnya dunia yang pasti dihancurkan oleh Sang Khaliq pada watu yang telah ditentukan.
6. Iman kepada Takdir yg baik maupun yg jelek itu dari Allah swt dan mensyukuri atas segala nikmatNya dan menerima apa yang telah diberikan sekecil apapun.

Semoga artikel ini dapat mengingatkan kita semua dan memperkuat iman kita , sehingga kita tercapai tujuan yang kita harapkan, selamat dari kesesatan, meraih kebahagiaan dunia dan akhirat amin yarobbal ‘alamin.